Saturday, 27 June 2015
Perekonomian Web
Ekonomi Web
Pemasaran Internet
atau E-Marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran
suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet. Dengan munculnya teknologi Internet dalam
beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti
halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll. Kegiatan pemasaran Internet
umumnya meliputi pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk
periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat
pemasaran. Disini akan menjelaskan pemasaran internet seperti periklanan dan
penjualan online.
1.
Iklan Online
Iklan online adalah
tentang membuat website Anda berada di depan orang-orang yang tertarik pada
produk atau layanan Anda. Ada sejumlah cara yang berbeda di mana sebuah situs
web bisa diiklankan di web seperti iklan kontekstual pada halaman hasil mesin
pencari , iklan banner , iklan jaringan sosial , iklan online diklasifikasikan
, mengintegrasikan pop – up pada situs yang dikunjungi , jaringan periklanan ,
dan pemasaran email , termasuk email spam. Secara garis besar Iklan adalah
promosi benda benda seperti meja baru, atau jasa seperti kantor pos, tempat
usaha, ide, dll yang harus dibayar oleh sebuah sponsor.
Iklan Search Engine adalah
metode menempatkan iklan online pada halaman Web yang menunjukkan hasil dari
permintaan mesin pencari berdasarkan kata kunci dan frase yang dimasukkan oleh
pengguna internet atau pembeli potensial . Tiga sumber terbesar dari jenis
iklan ini adalah Google dan Yahoo.
Ada tiga metode umum pembelian ruang iklan
online untuk berbagai jenis alat iklan :
ü Biaya Per Klik juga
disebut sebagai Pay Per Click berarti bahwa pembayaran untuk iklan sebanding
dengan jumlah klik unik pada banner iklan . Biaya Per Klik berbeda dari Biaya
Per Kunjungan dimana setiap klik dibayar terlepas dari apakah pengguna
berkunjung ke situs target .
ü Biaya Per seribu
tayangan berarti bahwa metode pembayaran didasarkan pada jumlah tampilan .
Model iklan ini umumnya dicadangkan untuk situs web dengan volume lalu lintas
yang tinggi ( lebih dari satu juta halaman yang dilihat per bulan ) . Total
harga yang harus dibayar dalam Biaya Per seribu tayangan kesepakatan dihitung
dengan mengalikan Biaya Per seribu tayangan dengan jumlah biaya Per seribu unit
ü Biaya Per Action atau akuisisi , juga dikenal
sebagai atau Cost Per Lead berarti bahwa pembayaran berdasarkan kinerja , dan
merupakan metode umum dalam program pemasaran afiliasi . Dalam skema iklan ini
, penerbit mengambil semua resiko menjalankan iklan , dan pemasang iklan
membayar hanya untuk jumlah pengguna yang menyelesaikan transaksi , seperti
pembelian atau sign- up .
Dampak/Manfaat Ekonomi
Yang ditimbulkan Oleh Iklan secara Umum :
1.
Iklan Memperluas Alternatif Bagi Konsumen.
2.
Menimbulkan Kepercayaan.
3.
Iklan Membuat Orang Kenal, Ingat Dan Percaya.
4.
Iklan Membuat Orang Tahu Dan Dimana Memperoleh
Kebutuhannya
5.
Iklan Ikut Membantu Memajukan Perekonomian Negara.
6.
Dapat Menjangkau Berbagai Daerah Yang Sulit Dijangkau
secara fisik oleh produsen melalui siaran televisi atau radio.
7.
Iklan tersebut dipasang oleh Produsen secara menarik di
Website, maka kemungkinan besar dilihat oleh konsumen atau visitor.
8.
Adanya timbal balik dari iklan ke web. Bila iklan di klik
oleh visitor, web tersebut mendapat persenan dari iklan.
2. Pencarian
Pencarian pada ekonomi
web pada umunya adalah melalui penjualan online. Penjualan online adalah
melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan
produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan
seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.
Pengaruhnya:
• Kehadiran e-commerce yang terus berkembang
lambat laun akan merubah kebiasaan
bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen akan
terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online ketimbang
melangkahkan kaki ke outlet penjualan. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi
kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan
kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar
mancanegara.
• Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan
usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. Banyak sekali situs
yang menyediakan jual beli online. Salah satu yang terbesar adalah
TokoBagus(dot)com. Dengan adanya Internet pula kita tidak perlu repot pergi
untuk membeli barang yang kita butuhkan. Tinggal pesan saja melalui transaksi
ataupun dengan cash.
• Kemajuan teknologi akan meningkatkan
kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun
pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara
besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di
masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin
penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi
bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung
dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera
individu dapat dipenuhi.
3.
Penjualan /Pencitraan Online
Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon
pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan
internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung
dengan jaringan internet.
Berikut uraiannya:
· Melakukan aktifitas penjualan
Yaitu menjalankan
semua usaha penjualan, dari mencari calon pembeli sampai dengan menawarkan
barang kepada calon pembeli. Mencari calon pembeli bisa dilakukan dengan cara
iklan atau promosi dijaringan internet. Yaitu dengan memasang materi iklan kita
di jaringan internet. Selanjutntya menawarkan produk atau barang, hal ini bisa
dilakukan oleh penjual dengan cara memasang katalog produk atau barang yang disertai
keterangan pendukungnya.
Penjualan online bisa
dilakukan dengan banyak cara. Diantaranya bisa menggunakan web, web blog atau
dengan facebook. Namun untuk itu penjual harus membuat atau mempunyai katalog
produk online yang bisa menjual karena pembeli akan memilih dan menenttukan
atau idak berdasarkan katalog produk yang ada pada jaringan internet.
Dampak Yang Tersirat
Dari Penjualan Online Bagi Ekonomi :
1. Pertumbuhan Ekonomi Yang Semakin Tinggi
2. Terjadinya Industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin
meningkat, kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia
industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.
konsumen tidak perlu pergi ke toko.
Sumber :
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
No comments :
Post a Comment