Saturday 27 June 2015

Perekonomian Web

No comments :
Ekonomi Web
Pemasaran Internet atau E-Marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet.  Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll. Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran. Disini akan menjelaskan pemasaran internet seperti periklanan dan penjualan online.
1. Iklan Online
Iklan online adalah tentang membuat website Anda berada di depan orang-orang yang tertarik pada produk atau layanan Anda. Ada sejumlah cara yang berbeda di mana sebuah situs web bisa diiklankan di web seperti iklan kontekstual pada halaman hasil mesin pencari , iklan banner , iklan jaringan sosial , iklan online diklasifikasikan , mengintegrasikan pop – up pada situs yang dikunjungi , jaringan periklanan , dan pemasaran email , termasuk email spam. Secara garis besar Iklan adalah promosi benda benda seperti meja baru, atau jasa seperti kantor pos, tempat usaha, ide, dll yang harus dibayar oleh sebuah sponsor.
Iklan Search Engine adalah metode menempatkan iklan online pada halaman Web yang menunjukkan hasil dari permintaan mesin pencari berdasarkan kata kunci dan frase yang dimasukkan oleh pengguna internet atau pembeli potensial . Tiga sumber terbesar dari jenis iklan ini adalah Google dan Yahoo.
Ada tiga metode umum pembelian ruang iklan online untuk berbagai jenis alat iklan :
ü  Biaya Per Klik juga disebut sebagai Pay Per Click berarti bahwa pembayaran untuk iklan sebanding dengan jumlah klik unik pada banner iklan . Biaya Per Klik berbeda dari Biaya Per Kunjungan dimana setiap klik dibayar terlepas dari apakah pengguna berkunjung ke situs target .
ü  Biaya Per seribu tayangan berarti bahwa metode pembayaran didasarkan pada jumlah tampilan . Model iklan ini umumnya dicadangkan untuk situs web dengan volume lalu lintas yang tinggi ( lebih dari satu juta halaman yang dilihat per bulan ) . Total harga yang harus dibayar dalam Biaya Per seribu tayangan kesepakatan dihitung dengan mengalikan Biaya Per seribu tayangan dengan jumlah biaya Per seribu unit
ü   Biaya Per Action atau akuisisi , juga dikenal sebagai atau Cost Per Lead berarti bahwa pembayaran berdasarkan kinerja , dan merupakan metode umum dalam program pemasaran afiliasi . Dalam skema iklan ini , penerbit mengambil semua resiko menjalankan iklan , dan pemasang iklan membayar hanya untuk jumlah pengguna yang menyelesaikan transaksi , seperti pembelian atau sign- up .
Dampak/Manfaat Ekonomi Yang ditimbulkan Oleh Iklan secara Umum :
1.    Iklan Memperluas Alternatif Bagi Konsumen.          
2.    Menimbulkan Kepercayaan.      
3.    Iklan Membuat Orang Kenal, Ingat Dan Percaya.
4.    Iklan Membuat Orang Tahu Dan Dimana Memperoleh Kebutuhannya
5.    Iklan Ikut Membantu Memajukan Perekonomian Negara.
6.    Dapat Menjangkau Berbagai Daerah Yang Sulit Dijangkau secara fisik oleh produsen melalui siaran televisi atau radio.
7.    Iklan tersebut dipasang oleh Produsen secara menarik di Website, maka kemungkinan besar dilihat oleh konsumen atau visitor.
8.    Adanya timbal balik dari iklan ke web. Bila iklan di klik oleh visitor, web tersebut mendapat persenan dari iklan.
2. Pencarian
Pencarian pada ekonomi web pada umunya adalah melalui penjualan online. Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.
Pengaruhnya:
• Kehadiran e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan merubah   kebiasaan bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online ketimbang melangkahkan kaki ke outlet penjualan. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar mancanegara.
• Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. Banyak sekali situs yang menyediakan jual beli online. Salah satu yang terbesar adalah TokoBagus(dot)com. Dengan adanya Internet pula kita tidak perlu repot pergi untuk membeli barang yang kita butuhkan. Tinggal pesan saja melalui transaksi ataupun dengan cash.
• Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi.
3. Penjualan /Pencitraan Online
            Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.
Berikut uraiannya:
·         Melakukan aktifitas penjualan
Yaitu menjalankan semua usaha penjualan, dari mencari calon pembeli sampai dengan menawarkan barang kepada calon pembeli. Mencari calon pembeli bisa dilakukan dengan cara iklan atau promosi dijaringan internet. Yaitu dengan memasang materi iklan kita di jaringan internet. Selanjutntya menawarkan produk atau barang, hal ini bisa dilakukan oleh penjual dengan cara memasang katalog produk atau barang yang disertai keterangan pendukungnya.
Penjualan online bisa dilakukan dengan banyak cara. Diantaranya bisa menggunakan web, web blog atau dengan facebook. Namun untuk itu penjual harus membuat atau mempunyai katalog produk online yang bisa menjual karena pembeli akan memilih dan menenttukan atau idak berdasarkan katalog produk yang ada pada jaringan internet.
Dampak Yang Tersirat Dari Penjualan Online Bagi Ekonomi :
1. Pertumbuhan Ekonomi Yang Semakin Tinggi
2. Terjadinya Industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat, kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. konsumen tidak perlu pergi ke toko.

Sumber :

No comments :

Post a Comment