Wednesday, 12 October 2016
Pengantar Bisnis Informatika
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
Pengertian
Bisnis Informatika
Bisnis informatika adalah suatu
kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai
(value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan
teknologi informasi. Teknologi informasi
disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi
seperti internet.
Jenis-
Jenis Bisnis Informatika
Jenis bisnis di Bidang Teknologi
Informatika :
1. Produk
• Hardware / Perangkat Keras
Adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap
hardware/perangkat keras.
• Software / Perangkat Lunak
Adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap
software/perangkat lunak.
2. Jasa
• Software House ( pembuatan software sesuai permintaan )
Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang
bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software).
Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikansoftware, database,
website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/
selling products and services, Account based dan support online system,
IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan
mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang
tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh,
kasir, hotel, restaurant, maupun personal).
• E-commerce ( jual-beli online )
E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi
bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi
yang paling utama (Robert E. Johnson).
• Infrastruktur Komputer
Adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan
informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer,
dll.
• IT consultant
menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis,
menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam
sistem IT.
Contoh
Perusahaan Di Bisnis Informatika
Profil
Perusahaan
Tokopedia adalah perusahaan internet yang
memungkinkan individu dan pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan
mengelola toko online mereka sendiri dengan mudah dan gratis. Tokopedia
memberikan pengalaman penjualan online yang lebih baik untuk penjual, sehingga
penjual dapat memberikan pengalaman belanja online yang lebih baik kepada
pelanggan mereka.
Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada
17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William
Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi
diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet
Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.
Core Bisnis
Website Tokopedia adalah model bisnis dimana
website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan
saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Berikut ialah
indikator utama bagi sebuah website marketplace:
·
Seluruh
transaksi online harus difasilitasi oleh website yang bersangkutan
·
Bisa
digunakan oleh penjual individual
Kegiatan jual beli di website marketplace
harus menggunakan fasilitas transaksi online seperti layanan escrow atau
rekening pihak ketiga untuk menjamin keamanan transaksi. Penjual hanya akan
menerima uang pembayaran setelah barang diterima oleh pembeli. Selama barang
belum sampai, uang akan disimpan di rekening pihak ketiga. Apabila transaksi
gagal, maka uang akan dikembalikan ke tangan pembeli.
Perkembangan Perusahaan
Sejak didirikan tahun 2009 lalu, Tokopedia
sudah bertumbuh menjadi salah satu marketplace C2C terbesar di Indonesia, bersaing
dengan nama-nama besar seperti eBay, Rakuten, dan Multiply. Di ulang tahun
keempatnya, Tokopedia mengumumkan bahwa mereka sudah menjual lebih dari 13 juta
produk tahun lalu. Startup ini juga baru saja meluncurkan program Gold Merchant
sebagai upaya untuk menghasilkan uang dengan cara menawarkan layanan premium ke
penjual yang membayar.
Sejauh ini Tokopedia berhasil mendapatkan
total dana sebesar USD 5 juta dari berbagai investor, melayani 1,5 juta
transaksi tiap bulannya, dan punya valuasi USD 20 juta. Timnya juga sekarang
terdiri dari 60 orang.
Client
Perusahaan
Client
perusahaan Tokopedia itu sendiri adalah pembeli dan penjual online yang ingin
bergabung bisnis jual beli di perusahaan tokopedia tersebut. Dengan proses
pengiriman yang cepat ke penjual, sehingga penjual online tersebut akan
mengirimkan kembali kepada si pembeli barang.
Analisis
Perusahaan
Tokopedia.com
adalah salah satu website jual beli atau website E-Commerce di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dan
mall online. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk
membuka dan mengelola toko online.
Daftar
Pustaka :
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
No comments :
Post a Comment